Kebijakan Privasi

  1. Latar Belakang
    1. Kebijakan Privasi ("Kebijakan") ini berlaku dan mengikat seluruh pengunjung portal FINTAG melalui website (www.fintag.id) ("Portal"), khususnya anggota FINTAG yang telah terdaftar, termasuk Anda. Dengan mengakses dan/atau menggunakan layanan yang tersedia pada Portal, maka Anda mengakui bahwa Anda telah membaca dan menyetujui ketentuan-ketentuan Kebijakan ini.
    2. Kebijakan ini dibuat agar Anda mengetahui perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, penampilan, penyebarluasan, pengungkapan, pembukaan akses, perbaikan, pembaruan, penghapusan dan pemusnahan atas data-data pribadi Anda yang kami lakukan, sebelum Anda memberikan data pribadi Anda.
  2. Perolehan dan/atau Pengumpulan Informasi
    1. Kami mengumpulkan informasi dan data pribadi Anda (i) yang Anda berikan secara langsung kepada kami, (ii) yang terkait dengan penggunaan Portal oleh Anda, dan (iii) yang diberikan oleh pihak ketiga dengan persetujuan Anda.
    2. Data pribadi Anda sebagaimana disebut dalam Angka 2.1 di atas termasuk, namun tidak terbatas pada:
      1. Data identitas dan profil Anda, termasuk KTP, NPWP, nama lengkap, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, kewarganegaraan, alamat, nomor rekening bank, agama, nama gadis ibu kandung, status perkawinan, pekerjaan, tujuan penggunaan Portal, informasi keuangan, sumber dana, alamat email, nomor telepon, foto, latar belakang pendidikan, dan informasi terkait identitas dan profil lainnya yang relevan;
      2. Pola atau kebiasaan Anda dalam penggunaan Portal, profil risiko Anda, portfolio pemberian pinjaman Anda, sejarah pencarian atau penggunaan layanan, transaksi yang Anda lakukan di Portal, dan informasi terkait pola atau kebiasaan lainnya;
      3. Alamat IP Anda, informasi login Anda, perangkat keras dan perangkat lunak (termasuk tipe dan versi browser serta sistem operasi) yang Anda gunakan, serta informasi teknis lainnya terkait penggunaan Portal oleh Anda dan
      4. Dalam hal terjadi gangguan pada saat penggunaan Portal, informasi yang berkaitan dengan terjadinya gangguan seperti menu atau halaman pada Portal saat gangguan terjadi, tanggal dan waktu gangguan terjadi, menu atau tombol yang telah diklik, pesan yang ditampilkan pada Portal, serta informasi lainnya yang relevan.

      (Informasi sebagaimana disebut dalam Angka 2.2 di atas selanjutnya disebut sebagai "Data Pribadi" Anda)

  3. Pengolahan dan Penganalisisan Informasi
    1. Kami menggunakan Data Pribadi Anda untuk (i) memverifikasi kelayakan Anda sebagai pengguna, (ii) memberikan akses layanan yang disediakan di Portal kepada Anda, (iii) menyelesaikan hak dan kewajiban kepada Anda sebagai pengguna Portal, (iv) mengawasi penggunaan layanan di Portal oleh Anda, (v) memproses dan mengelola akun Anda, (vi) memberikan otorisasi penggunaan akun Anda di Portal, (vii) mendeteksi, mencegah, dan menyangkal setiap tindakan melawan hukum terhadap atau oleh Anda, (viii) melakukan audit internal maupun eksternal, (ix) melakukan pemasaran yang efektif dan relevan, (x) meningkatkan kualitas layanan dan performa Portal, dan (xi) untuk hal-hal lainnya yang terkait dengan kegiatan usaha FINTAG sebagai Penyelenggara Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI).
    2. Kami melakukan pengolahan dan analisis data identitas dan profil Anda, pola atau kebiasaan Anda dalam penggunaan Portal, serta informasi teknis terkait penggunaan Portal oleh Anda, dengan tujuan (i) untuk meningkatkan layanan yang dapat kami berikan kepada seluruh pengguna Portal maupun (ii) untuk meningkatkan performa usaha Portal, termasuk sebagai bahan pemasaran kami.
  4. Penyimpanan Data
    1. Kami melakukan penyimpanan Data Pribadi Anda dengan teknologi enkripsi sesuai standar ISO 27001 untuk memastikan keamanan Data Pribadi Anda.
    2. Data Pribadi Anda kami simpan paling tidak sampai dengan 5 tahun sejak Anda berakhir menjadi pengguna Portal kami, sesuai dengan persyaratan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. Apabila Anda ingin agar Data Pribadi Anda dihapus sebelum itu, maka Anda dapat mengirimkan permohonan kepada Customer Service FINTAG/
    3. Data Pribadi Anda kami simpan pada pusat data kami serta pusat pemulihan bencana kami yang berlokasi di Indonesia.
  5. Pengungkapan dan Pembukaan Akses

    Kami akan menjaga kerahasiaan Data Pribadi Anda. Namun demikian, Anda setuju bahwa kami dapat mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada pihak yang dianggap perlu oleh kami yang terkait dengan kegiatan usaha kami sebagai Penyelenggara Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi, termasuk namun tidak terbatas kepada:

    1. Direktur, komisaris, atau karyawan FINTAG;
    2. Mitra serta penyedia jasa penunjang atas aktifitas usaha FINTAG, termasuk mitra kerjasama bank, penyelenggara sertifikasi elektronik untuk pembuatan tanda tangan elektronik, konsultan atau penyedia jasa penilaian kelayakan usaha dan kredit, perusahaan asuransi kredit, konsultan hukum, konsultan keuangan dan konsultan teknis yang ditunjuk FINTAG untuk memberikan jasa penunjang yang relevan;
    3. Fintech Data Center (FDC) yang didirikan oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), untuk keperluan pelaporan data kredit Anda sebagai Penerima Pinjaman di FINTAG;
    4. Pihak-pihak lain yang terkait dengan kegiatan usaha FINTAG; dan
    5. Pihak yang berwenang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  6. Perubahan Data Pribadi
    1. Anda berkewajiban untuk menjaga keakuratan dan kemutakhiran dari Data Pribadi Anda.
    2. Anda dapat mengubah Data Pribadi terdaftar Anda melalui Portal.
    3. Kami dapat melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk memastikan keakuratan dan kemutakhiran Data Pribadi Anda, termasuk dengan menghubungi Anda.
  7. Data Pribadi Anak Bawah Umur

    Dalam hal terdapat Data Pribadi dari pengguna yang ternyata masuk dalam kategori anak di bawah 17 tahun, maka orang tua atau wali dari anak bawah umur tersebut dapat meminta FINTAG untuk menghapus Data Pribadi anak tersebut dengan mengirimkan permohonan kepada Customer Service FINTAG.

  8. Perubahan Kebijakan Privasi

    Setiap perubahan atas Kebijakan ini akan tertera pada halaman ini, dan apabila dipandang perlu akan diberitahukan kepada seluruh pengguna terdaftar melalui email atau metode lainnya.


DEMIKIANLAH KEBIJAKAN PRIVASI INI SECARA EKSPLISIT DISETUJUI OLEH DAN MENGIKAT ANDA YANG MENGAKSES PORTAL DAN/ATAU TERDAFTAR SEBAGAI PENGGUNA PORTAL/MEMBER FINTAG

Layanan Kami

Layanan Pengaduan FINTAG

Suarakan kritik saran, dan keluhan anda melalui customer support kami:

(021) 2708 5000/2000
cs@fintag.id
Senin - Jum’at
09:00 WIB - 17:00 WIB